CARA MEMBUAT APLIKASI IKLAN ADMOB MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO | FerryAnas Blog CARA MEMBUAT APLIKASI IKLAN ADMOB MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO - FerryAnas Blog

CARA MEMBUAT APLIKASI IKLAN ADMOB MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO

Sabtu, 06 Mei 2017

BLOG FERRYANAS  



Cara membuat aplikasi sederhana beriklan Admob menggunakan Android studio, adapun perlengkapan saya laptop ram 2 giga. Spesifikasi laptop saya sangatlah rendah mengingat launch apk yang dijalankan sangat berat. Disisi lain saya disini ingin mendapatkan hasil Apk saja, selanjutnya saya akan menggunakan Youwave untuk mencoba aplikasi hasil Apk atau langsung dijalankan ke Smartphone langsung. Dalam hal ini, banyak opsi yang dilakukan.

Tentu bagi pemula, sangatlah penting untuk belajar coding tentang bahasa pemrograman. Awalnya saya menggunakan Program Eclipse, namun saat ini peran Android Studio sudah update dengan tools Google. Demikian selengkapnya saya akan ulas kenapa dengan Android Studio.
Untuk itu sebagai awal pembelajaran, saya akan memberikan contoh tutorial Aplikasi Admob sederhana menggunakan Android Studio. Kurang lebih hasilnya seperti di gambar dibawah ini.

Simak ulasan video dibawah ini :


Secara rinci saya akan mendeskripsikan hasil SS video di bawah ini.

Sebelumnya kita persiapkan terlebih dahulu kode Iklan yang Anda buat di Akun Admob, seperti contoh saya akan mengambil kode Iklan berupa iklan Banner.
Buka monetize tab, lalu pilihlah Aplikasi Admob Anda :

 Selanjutnya pilihlah banner, seperti contoh yang saya ambil dibawah ini :

Lalu copy kode unit Iklan pada Banner Admob, tampak seperti dibawah ini :

Paste sementara di notepad, lalu buka Android Studio. Lalu pilih Start a new Android Studio project, tampak seperti gambar dibawah ini.

Lalu Anda akan masuk Configure your new project, masukkan Application name (disini saya mengisi secara default) next.

Lalu akan masuk tahap selanjutnya form factor your app klik next. 

Pilih tampilan Blank activity lalu Next

Pada form Customize the activity (default saja). Lalu klik Finish. Selanjutnya akan masuk pada projectnya.

 Setelah masuk di form project, pastikan Anda sudah menginstall Google Repository di SDK Manager. Tampak seperti gambar dibawah ini.

Langkah awal memulai, klik bulid.gradle pada side kiri. Lalu tambahkan perintah compile seperti berikut

compile 'compile com.google.android.gms:play-services-ads:8.4.0'

lalu sinkronisasikan.

Langkah selanjutnya pilih Strings.xml pada side kiri app>res>values>strings.xml
Tambahkan perintah kode unit Iklan Banner Admob Anda disini :

ca-app-pub-6450338255016532/4306878202



Langkah selanjutnya, pilih activity_main.xml pada side kiri app>res>layout>activity_main.xml
Tambahkan perintah kode : 

xmlns:ads="http://schemas.android.com/apk/res-auto"

dan perintah berikut :

        android:id="@+id/adView"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_centerHorizontal="true"
        android:layout_alignParentBottom="true"
        ads:adSize="BANNER"
        ads:adUnitId="@string/banner_ad_unit_id">
   


Langkah selanjutnya menambah perintah di file Java, pada side kiri pilih app>java>com.....>MainActivity 

import com.google.android.gms.ads.AdView;
import com.google.android.gms.ads.AdRequest;

dan perintah berikut :
AdView mAdView = (AdView) findViewById(R.id.adView);
        AdRequest adRequest = new AdRequest.Builder().build();
        mAdView.loadAd(adRequest);


Setelah perintah semua dimasukkan, langkah terakhir adalah membuat keystore pada Android Studiosehingga menghasilkan Apk. Pada menu tab pilih Build>Generated Signed Apk...
Tampak seperti gambar dibawah ini lalu next


lalu finish.

Muncul hasil seperti dibawah ini.


Sekian dari cara membuat aplikasi sederhana disertai Admob menggunakan Android Studio, bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi komputer memang berpengaruh terhadap kecepatan loading saat pembuatan project.
Ada beberapa versi Android Studio, namun saya menggunakan Android Studio versi 1.3.1 Build 141.2135290 karena cocok dengan spek laptop rendah saya yaitu Ram 2 gb.
Dan saya menggunakan platform Android dengan versi kitkat.



Untuk mencoba aplikasi hasil Apk ini, yaitu dengan cara menggunakan aplikasi Youwave atau Anda juga bisa mencobanya dengan menggunakan Smartphone.

3 komentar

  1. pg ยอดเยี่ยมเกมออนไลน์สล็อตบนมือถือแบบใหม่ปัจจุบันของโลกสมัครเล่น PG SLOT วันนี้ไม่มีเบื่อไม่ซ้ำซากในแบบการเล่นเดิมๆอีกต่อไปเป็นเกมสล็อตที่แจ๊คพอตแตกหลายครั้งที่สุดลองเลย

    BalasHapus

kami akan menjawab komen anda

 

#Blog

Stats