Freeport Lobi Pemerintah Kendurkan Aturan Ekspor | FerryAnas Blog Freeport Lobi Pemerintah Kendurkan Aturan Ekspor - FerryAnas Blog

Freeport Lobi Pemerintah Kendurkan Aturan Ekspor

Rabu, 29 Januari 2014

PT Freeport-Papua
P T Freeport-McMoran Copper & Gold Inc menyatakan tidak memiliki kontrak ekspor untuk tahun 2014.
Jika ada kegiatan pengiriman yang dilakukan Januari, maka pengiriman tersebut merupakan sisa kontrak tahun 2013.
"Untuk tahun ini kami tidak diizinkan untuk ekspor. Kalau pun Januari masih ada ekspor itu sisa dari izin dari tahun 2013," kata Presiden Direktur dan CEO Freeport, Richard C. Adkerson, di Kementerian Perindustrian, Rabu, 29 Januari 2014.


Menurut dia, pengiriman masih dilakukan untuk memasok konsenterat tembaga ke PT Smelting. Freeport
memasok sebanyak 40 persen konsenterat tembaga dari total produksi mereka untuk PT Smelting.

Adkerson mengatakan kini pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan pemerintah, yaitu menteri perindustrian, menteri keuangan, dan menteri koordinator bidang perekonomian agar bisa mendapatkan relaksasi bea keluar ekspor barang mineral. "Masalah izin ekspor masih tergantung dari pembahasan terkait regulasi yang masih kami bahas. Jadi kami terus berkomunikasi dengan pemerintah terkait bea keluar mineral," katanya.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, dengan tegas menolak permintaan Freeport untuk relaksasi bea keluar mineral. Menurut dia, kini keputusan berada di tangan menteri keuangan dan menteri koordinator bidang perekonomian.

"Dia bersedia membangun smelter bila bisa mendapatkan relaksasi dari ketentuan export duty. Saya bilang tidak bisa. Larangan ekspor harus tetap berjalan," kata Hidayat. Dia mempersilahkan Freeport untuk mendatangi kantor Kementerian Perekonomian dan Kementerian Keuangan.

Sumber : TEMPO.CO    -   ANANDA TERESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kami akan menjawab komen anda

 

#Blog

Stats